Tips obat luka bakar ringan

Obat Luka BakarPanas bukan merupakan satu-satunya dari penyebab luka bakar,beberapa jenis bahan kimia dan arus listrik juga bisa menyebabkan terjadinya luka bakar.

Kecelakan kecil yang sering terjadi pada banyak orang  terkena air panas ataupun knalpot kendaraan bermotor yang masih panas, terkena gosokan panas atau benda panas lainnya tentu saja kulit  anda akan melepuh. Bisa juga Terkena cipratan minyak panas, Atau tak sengaja tersundut rokok, Atau terkena knalpot panas,  Luka bakar seperti pastilah dapat menyebabkan kulit Anda melepuh. Ada cara sederhana yang dapat mencegah kulit Anda melepuh karena luka bakar, dengan catatan lukanya masih baru dengan tingkat luka bakar yang masih ringan.  

Biasanya bagian tubuh yang terbakar adalah kulit,tetapi luka bakar bisa terjadi pada jaringan di bawah kulit,bahkan organ dalam pun bisa mengalami luka bakar meskipun kulit tidak terbakar. Jangan biarkan Luka bakar didiamkan saja tanpa harus di obatin, biar tidak infeksi. Langsung saja saya berikan tips sederhana cara menyembuhkan luka bakar melepuh.


minyak obat luka bakar melepuh
Minyak Obat Luka Bakar Melepuh


Jika tidak tepat dalam mengatasinya, luka bakar dapat berubah menjadi luka yang parah dan menimbulkan bekas luka yang dapat mengganggu penampilan anda di kemudian hari. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam menangani luka bakar :

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada luka bakar
  • Jangan sekali-kali mengobati luka bakar dengan mempergunakan mentega, minyak, garam, kecap, air kapur dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa mengakibatkan infeksi. Yang paling tepat, luka bakar ringan dan sedang ditolong dengan cara menyiram atau merendamnya dalam air dingin. Jangan gunakan air es atau es batu.
  • Jangan memecahkan gelembung kulit yang timbul akibat luka bakar. Ini pun untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Jangan membalut luka dengan kapas absorbent karena akan melekat pada luka. Untuk luka bakar ringan dan sedang, tutup luka dengan balutan kering.