Penyebab luka bakar di sekitar kita



obat luka bakar
Penyebab luka bakar - Luka bakar ringan ataupun berat, merupakan luka yang berpotensi menyebabkan kerusakan jaringan secara luas pada kulit. Artinya, sebisa mungkin Anda perlu berhati-hati jika berurusan dengan hal-hal yang dapat jadi penyebab luka bakar.

Luka bakar tidak selalu di sebabkan oleh api, sehingga Anda hanya perlu menghindari api untuk terhindar dari luka bakar. Padahal di samping api, ada beberapa hal yang berpotensi menjadi penyebabnya dan letaknya pun sangat dekat dengan kita, yaitu di sekitar rumah kita.



Berikut beberapa hal di rumah yang perlu Anda waspadai:

1. Kompor
Kompor di rumah digunakan untuk kegiatan memasak dan jika tidak digunakan secara hati-hati berpotensi menyebabkan luka bakar api. Selain itu jika Anda menggunakan kompor gas dan terjadi kebocoran, percikan sedikit api saja dapat menyebabkan ledakan yang membahayakan. Oleh karenanya pastikan Anda selalu mengecek keadaan kompor Anda untuk mewaspadai adanya kebocoran gas.

2. Saklar listrik dan alat-alat elektronik
Saklar listrik yang tidak tertutup rapat berpotensi mengalirkan listrik pada bagian tubuh yang menyentuhnya, sehingga mengakibatkan luka bakar elektrik. Serta alat-alat elektronik yang bersifat panas seperti setrika, rice cooker, dan heater berpotensi mengakibatkan luka bakar api. Lebih baik  untuk menutup saklar listrik dengan alat penutup serta memasang alat pengatur on/off aliran listrik untuk meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan.

3. Air panas
Air panas kerapkali digunakan untuk mandi, sebagai campuran air bersuhu ruang agar suhu air mandi menjadi hangat. "Anda mungkin dapat merasakan apabila air terlalu panas untuk mandi, namun masalahnya adalah ketika memandikan bayi, seringkali ditemui kasus kulit bayi terkena luka bakar akibat air mandi yang terlalu panas (luka bakar pada anak). Oleh karenanya, sebelum memandikan bayi, Anda perlu memeriksa suhu airnya dengan siku Anda, atau dengan menggunakan indikator suhu. "Saat ini banyak dijumpai mainan anak-anak yang dilengkapi indikator suhu," selain itu jauhkan anak anak dari dapur karena banyak kasus anak tidak sengaja tersiram air panas.

4. Bahan-bahan kimia pembersih
Tak dapat dipungkiri, untuk membersihkan porselen ataupun benda-benda lainnya, Anda seringkali membutuhkan bahan-bahan kimia. Namun bahan-bahan ini dapat menjadi penyebab luka bakar kimiawi karena mengandung basa kuat ataupun asam kuat. Oleh karenanya Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakan kemikalia ini. Selain itu, Anda pun harus memperhatikan tempat penyimpanan bahan-bahan ini karena dapat membahayakan anak-anak Anda. Selalu simpan bahan-bahan kimia di tempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak, seperti di tempat tinggi. Jika tidak memungkinkan, selalu kunci tempat penyimpanannya, serta gunakan kaos tangan karet saat memegang cairan kimia.


Demikian beberapa penyebab luka bakar yang dapat kita temukan di sekitar rumah kita, dengan informasi tersebuat semoga dapat membuat kita menjadi lebih waspada, untuk obat luka bakar yang bagus adalah berbentuk salep atau oles yang tidak perih saat di gunakan dan dapat mencegah infeksi pada luka bakar. Untuk melakukan pertolongan pertama pada korban luka bakar hendaknya kita harus tahu jenis luka bakar yang di derita korban.